Rabu, 26 September 2007

Media Pembelajaran Berbasis HTML (Hipertext Mark-Up Language)

             Media Pembelajaran atau media pendidikan adalah perantara atau penyalur pesan dari guru ke siswa pada proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. pengertian lain dari media pembelajaran atu media pendidikan adalah alat bantu guru untuk mempermudah tugasnya dalam mengajar.
             Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, dunia pendidikan pun memanfaatkan perkembangan tersebut. Sekarang ini, sudah banyak sekali guru disekolah pada saat menyampaikan materi ke siswa, guru memanfaatkan media sebagai alat bantu mereka, contohnya : media power point, animasi flash. video pembelajaran, media berbasis HTML (Hipertext Mark-Up Language), dan masih banyak media lainnya.
pada postingan kali ini media yang akan kita bahas yaitu, Media Berbasis HTML (Hipertext Mark-Up Language).
               HTML merupakan sebuah file teks murni yang dapat dibuat dengan software editor teks biasa, contohnya "Notepad". File HTML ini biasanya dikenal sebagai web page. File atau dokumen HTML ini merupakan dokumen yang dapat disajikan dalam browser web. Jadi Media Berbasis HTML ini merupakan sebuah yang dibuat menggunakan software komputer (Notepad) yang ditampilkan menggunakan Browser Web.
              Ada beberapa kelebihan dari media berbasis HTML ini, antara lain :
1. Tampilannya yang menarik.
2. Selain berisi materi pelajaran yang berupa teks murni, dapt pula disisipi dengan gambar, video, animasi flah,
    dll.
3. Meskipun  media  berbasis  HTML  ini bersifat offline, namun dapat pula berubah menjadi online sehingga
    bisa di akses oleh pengguna internet dimana saja.
             Jadi media ini sangat baik digunakan oleh guru yang ingin menjalankan tugasnya sebagai pengajar, karena berdasarkan pengalaman saya sebagai pengajar di salah satu SMA setelah menggunakan media ini ketika mengajar di kelas, hasilnya sangat positif, siswa semakin semangat mengikuti pelajaran dan hasil belajar merekapun meningkat.
            Jadi bagi para guru bangsa Indonesia tercinta ini yang bertekad ingin mencerdaskan anak bangsa, media berbasis HTML ini bisa di jadikan salah satu alternatif pemilihan media.